Victoria Park, Tempat Kami Berorganisasi

Rumah kami sebagai buruh migran
Victoria Park, Hong Kong
Victoria Park adalah sebuah taman kota seluas 4 hektar, terbesar di Hongkong. Terletak di daerah Causeway Bay, bagian utara Hongkong Island. Taman kota ini merupakan ruang publik yang nyaman sebagai tempat berkumpul dan bersantai warga kotanya. Tempat yang luas ini dilengkapi beberapa fasilitas olahraga, seperti trek joging, lapangan basket, lapangan tenis, hingga lapangan sepak bola. Tempat bermain anak-anak pun disediakan di sini.
 
Pada hari minggu beada di Victoria Park seperti berada di Indonesia pada saat musim libur dimana orang-orang ramai berkunjung ke Kebun Binatang Ragunan atau Taman Mini dimana hampir 100% diisi oleh orang-orang Indonesia yang bekerja sebagai buruh yang lebih sering kita juluki dengan PRT (Pekerja Rumah Tangga).

Kami biasanya memanfaatkan waktu libur satu hari dengan menggelar tikar, membawa bekal makanan, membawa radio, sambil lesehan tentunya. 

GAMMI Gabungan Migran Muslim Indonesia
Berorganisasi, GAMMI
Bagi kami sendiri, Victoria Park adalah tempat favorit kami untuk berorganisasi sambil menikmati makan siang ala Indonesia. Cukup merogoh kocek 12 dollar Hongkong, kita akan mendapatkan seporsi makan siang yang mengenyangkan dan berselera Indonesia. Cocok untuk dinikmati dengan bersantai sambil beraktivitas bahkan berinteraksi dengan warga Hong Kong asli walau sepertinya masih ada batas.

Bahasa yang kami gunakan di tempat ini tentu saja bahasa jawa dan ada beberapa bahasa jawa. dari daerah lainnya di Indonesia. Sesekali terdengar ada yang menelpon ke saudara-saudara mereka di tanah air dengan bahasa daerah masing-masing. Di jalan yang menuju lokasi ini banyak dijumpai mobil-mobil pengirim paket yang menawarkan kiriman paket ke tanah air dan juga operator-operator telepon seluler menawarkan pulsa murah yang bisa menelpon ke tanah air.

Tulisan ini aku berhentikan dulu karena harus memasak untuk Bos dan anak-anaknya. Sebentar akan kusambung ya, tentu saja dengan sudut pandangku sebagai buruh domestik alias PRT.... Bersambung

2 comments :

berorganisasi, bergerak, berjuang
ayo berkomentar

Post a Comment

Mari Kita berdiskusi, apa pendapatmu. Ditunggu komentarnya kawan

Cancel Reply

Setia Di Garis Massa